Rabu, 18 November 2015

Tips and Trick : Long Lasting Make Up for Oily Skin

Hi everyone ! di tulisanku kali ini aku akan bahas gimana caranya mengatasi kulit berminyak agar make up kamu jadi tahan lama. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman pribadiku yang pernah gondok banget karena masalah kulit berminyak (OMG !!!). Emang sih gak ganggu – ganggu banget, tapi bikin jadi gak PD karena bikin wajah kamu kusam dan gak fresh. Bayangin aja capek – capek make up dari rumah, eh pas keluar make up kamu jadi ga “ON” dan kucel kayak buibuk abis beres – beres rumah. Oh nooooooo~ Well, langsung aja aku punya beberapa tips yang udah pernah aku lakuin dan ini berhasil.
Jadi, ini dia beberapa tips yang aku tulis sesuai pengalaman pribadiku.
1.      Pilih skincare yang tepat buat jenis kulit berminyak, mulai dari cleanser, toner, krim siang/malam, atau krim wajah apapun itu. Jadi saran aku, pilih skincare yang ada tulisan “untuk kulit berminyak”nya. Biasanya kalau ga ada tulisan kayak gitu, aku suka cek di bagian kemasan dan cari yang ada keterangan oil free atau water base. Untuk skincare, aku sendiri ga pakai terlalu banyak produk. Jadi aku cuma pakai cleanser, facial wash, dan toner. Dan gak ketinggalan, semua skincare yang aku pakai harganya murah tapi kualitasnya terbukti bagus buat aku. Karena percuma kalau kita pakai produk mahal tapi ternyata gak bener – bener cocok buat kulit kita. Jadi girls, kita harus pintar milih produk, kalo perlu cari satu – satu deh fungsi dari ingredients nya (hoho~). 
                Untuk facial wash, aku sendiri pakai wardah facial wash yang non-soap formula. Kenapa aku pake yang non-soap formula? Karena setelah pakai ini, wajah kita jadi ga terlalu kering/keset tapi juga gak terlalu licin, walaupun pada saat pemakaian diwajah teksturnya memang licin dan gak berbusa (iyelah namanya juga non-soap formula -_-). Aku menghindari banget facial wash yang setelah pemakaiannya bikin kulit jadi keset. Why? Karena “keset” disini juga belum tentu bersih, atau malah bisa bikin kulit kita jadi rentan iritasi, pori – pori membesar yang alhasil bisa bikin kotoran/debu makin gampang masuk ke pori – pori dan memicu produksi sebum berlebih. Kalau udah gitu, makin berminyak lah kulit kita. 

                  Nah, untuk cleanser nya, aku pakai wardah lightening milk cleanser for all skin type. Ini cocok buat semua jenis kulit dan gak lengket di wajah. Jadi tetap nyaman dan aman kalau kamu abis pakai ini tapi malas buat cepat – cepat cuci muka (ini aku banget!). cleanser ini mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengontrol produksi sebum, si biang minyak dan komedo di wajah kita.

Kemudian untuk toner nya, aku juga pakai produk wardah lightening face toner (pH balance dan free alcohol). Ini watery banget, bisa terasa waktu pemakaian cepat banget keringnya dan gak lengket. Selain sebagai oil control, toner ini juga bisa mencerahkan wajah kamu yang biasanya cenderung kusam karena minyak berlebih.

Ps : aku pakai produk lightening series karena sekaligus untuk mencerahkan. Tapi buat kalian yang tidak butuh pencerah, bisa pakai produk sejenis yang basic khusus normal to oily skin.
2.      Kompres wajah dengan es batu sebelum mengaplikasikan make up. Nah, sebenernya tips ini aku dapat dari salah satu blogger make up tahun lalu, tapi sorry lupa siapa namanya (sorry...) fungsinya untuk menutup pori – pori kita agar setelah diaplikasikan make up, gak terlalu banyak minyak yang keluar.
3.      Pilih sunscreen dan moisturizing yang berbentuk gel untuk oily skin. Biasanya yang berbentuk gel lebih menjaga keseimbangan kelembapan kulit daripada bentuk cream yang memang dibuat khusus untuk menambah kelembapan kulit. aku sendiri pakai produk sunscreen dan moisturizing di bawah ini.

4.      Pilih primer yang tepat. Biasanya kalau make up buat acara – acara yang menuntut make up long lasting, dianjurin buat pakai primer. Fungsinya primer untuk men-setting wajah kita agar setiap produk yang diaplikasikan ke wajah bisa lebih tahan lama. Pilih primer yang hasil akhir di wajah matte. Kalian bisa coba Make Over HD primer. Ini recommended banget buat kalian. Selain teksturnya yang ringan dan tidak lengket, hasilnya juga merata dan gak bikin make up kita keliatan tebal.

5.      Pilih foundation / cream base yang cocok. Aku saranin buat pakai foundation yang liquid, karena akan lebih merata di wajah daripada kita pake yang creamy atau two way cake (foundation+powder) yang malah bikin make up cepet meleleh saat kulit kita berminyak. Foundation yang liquid akan lebih mensetting pori – pori di kulit wajah agar tidak terlalu terbuka. Kamu harus cobain produk matte velvet make up forever atau kamu juga bisa langsung pakai MaXfactor CC cream untuk tekstur yang lebih ringan.

6.      Memakai bedak tabur. Aku nyaranin kalian menghindari memakai bedak yang padat setelah memakai primer dan foundation. Semakin tebal dempul wajah, make up malah bisa meleleh lebih cepat di wajah berminyak kita. Jadi pakai bedak tabur yang ringan aja dan bagus dipakai untuk touch up. Kalian bisa coba Revlon touch & glow extra moisturizing face powder atau Ben Nye luxury powder. Face powder produk ini masuk ke dalam list favoritku karena matte di wajah dan final resultnya bagus banget. Selain itu baguuus banget dipake touch up. Jadi gak keliatan tuh minyak bandel seperti baru make up lagi. Harganya juga muraaah <3

7.      Setting spray. Usahakan memakai setting spray agar make up lebih menyatu dan tahan lama, terutama di area wajah yang berminyak. Semprotkan di area T atau secara menyilang. Buat kamu yang kulitnya gak terlalu berminyak, bisa pakai setting pray setelah selesai make up. Tapi buat yang super berminyak, aku saranin untuk pakai setelah primer/foundation dan setelah make up agar lebih mengontrol oily skin mu. (ingat ! “setting spray” ya bukan “face spray”. Keduanya beda)

8.      Kalau kalian pakai blush on, pakai yang padat/bubuk. Jangan yang creamy, karena yang creamy mengandung oil yang akan merusak settingan make up yang sudah dipakai di wajah saat kulit mulai berminyak. Biasanya untuk lebih hemat, mungkin diantara kita ada yang suka pakai lipstick untuk blush on juga. Gak salah kok, emang bisa. Tapi untuk kalian yang kulitnya berminyak sebaiknya dihindari. Lipstick yang bisa dijadikan blush on biasanya kadar oil and moisturizer lumayan tinggi. So, don’t do it!

9.      Sedia oil film control. Ini berguna banget kan buat menyerap minyak di wajah kita. Sebelum touch up usahakan pakai ini dulu yaa ladies!


Nah itu dia beberapa tips and trick buat kalian yang punya kulit berminyak tapi mau make up yang lebih tahan lama. Sekali lagi, produk – produk yang aku sebutin di atas hanya saran dari aku. Kalian bisa coba produk lain yang mungkin lebih cocok untuk kalian. Karena aku pribadi gak suka menghabiskan banyak budget buat skincare dan make up yang macam-macam. Kalau sudah cocok di satu produk, aku susah buat berpaling ke yang lain #tsah. Semoga bermanfaat ya, girls! :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar